9 Ciri Ayam Bangkok Jawara Super Istimewa

Ayam bangkok jawara yang selalu menang dalam sabung ayam. Dengan kualitas yang super istimewa selalu memiliki ciri-ciri khusus dalam bentuk fisiknya. Ayam bangkok termasuk jenis ayam aduan yang memiliki penggemar terbanyak di Nusantara.

Memiliki karakter petarung yang handal selalu melekat dalam predikat ayam bangkok. Namun tidak semua ayam bangkok memiliki karakter petarung yang baik. Tentunya dengan mengetahui ciri-cirinya anda akan lebih mudah memiliki ayam bangkok jawara.

Maka dari itu, yuk kita simak terus agar semakin profesional dalam dunia ayam bangkok.
Baca juga : ayam bangkok pukul mati lawan

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Jawara Berkualitas Super

Dengan mengetahui ciri ayam yang bagus tentu akan lebih mudah dalam menentukan ayam bangkok yang akan dipelihara. Ada bermacam ciri yang wajib anda tahu agar anda memiliki ayam bangkok yang selalu menang dalam petarungan.

1. Postur Ayam Gagah dan Tegap

ayam bangkok petarung sadis

Menurut pengamatan omhoby, yang selalu menjadi jawara laga sabung ayam selalu yang berpostur gagah dan berdiri tegap. Gagah dalam hal ini, tidak terlalu besar namun juga tidak kecil atau kurus. Jadi gagah dapat diartikan postur tubuh yang proposional sehingga ayam mudah menyerang dan menghindar.

Berpostur tegap dapat diartikan ketika ayam berdiri terlihat seperti 90 derajat. Artinya ketika berdiri terlihat dadanya membusung kedepan sempurna.

2. Tulang Dada Lebar

ayam aduan terbaik

Kemudian perhatikan tulang dada ayam bangkok yang anda amati. Tulang dada ayam yang lebar dapat dipastikan memiliki kualitas tarung yang handal. Selain itu ayam juga memiliki daya tahan dalam menghadapi serangan lawan. Sehingga ayam yang berdada lebar akan tahan dalam pertarungan.

Dengan tulang dada yang lebar, ayam juga mampu menjaga keseimbangan sewaktu bertarung. Sehingga dalam melakukan serangan juga akan lebih akurat mengenai sasaran. Biasanya postur dada yang demikian juga ditakuti lawan.

3. Tulang Sambungan Leher

ciri ayam bangkok juara

Selanjutnya anda cermati tulang sambungan leher untuk mengetahui ciri ayam bangkok jawara selanjutnya. Pilihlah sambungan tulang leher dan kepalanya yang tidak menonjol. Tentu caranya adalah dengan meraba ayam bangkok tersebut.

Dengan tulang sambungan yang tidak menonjol, ayam akan lebih mudah menggerakan kepala saat bertarung. Hal ini akan memberi keuntungan karena ayam leluasa untuk menyerang dan menghindar serangan lawan. Semakin tidak menonjol tulang sambungannya akan semakin baik.

4. Pilih Jengger Piala Pendek dan Rose

ayam pukul mematikan

Ciri selanjutnya dapat dilihat dari bentuk jengger ayam bangkok tersebut. Pilihlah bentuk jengger yang seperti piala pendek seperti bunga rose dan berwarna merah rose. Dengan model jengger demikian akan membuat ayam lebih berwibawa dimata lawan.

Para penggemar ayam bangkok sering mencari bentuk jengger yang demikian. Ini tidak lain karena bentu jengger yang demikian kebanyakan memiliki karakter tarung yang mumpuni. Semakin tahu kan ciri ayam bangkok jawara, lanjutkan membaca anda akan semakin paham.

5. Tulang Kaki yang Bulat serta Sisik yang Simetris

Hal berikutnya, cermati bentuk tulang kakinya. Pilihlah yang berbentuk bulat dan kelihatan kering. Hal ini sangatlah penting, karena bentuk tulang kaki yang bulat akan memiliki daya pukul yang keras.

Setelah memperhatikan tulang kakinya, selanjutnya perhatikan susunan sisik di kakinya. Susunan sisik yang bagus adala1h terlihat rapi tersusun mulai dari jemarinya sampai pada kakinya tidak terputus.

Ciri tulang dan sisik yang demikian akan memiliki prospek yang bagus untuk jenis ayam aduan. Hal ini yang selalu jadi acuan para penggemar sabung ayam, karena ayam tersebut memiliki karakter pukul lawan secara keras. Bahkan lawan dapat mati bila terkena pukulannya.

5. Paruh Panjang Ciri Ayam Bangkok Jawara

paruh ayam bangkok jawara

Ayam bangkok yang berkualitas juga memiliki bentuk paruh yang panjang dan tebal. Paruh yang demikian sering menjadi incaran para pecinta sabung ayam. Selain paruh yang panjan dan tebal, biasanya yang berwarna kuning merupakan ciri ayam bangkok yang prospek.

Kegunaan paruh saat bertarung adalah untuk mematok dan menggigit lawan untuk melayangkan pukulan. Jadi paruh yang baik akan berperan penting dalam pertarungan. Pilihlah model paruh yang panjang tetapi modelnya mirip paruh elang.

6. Bentuk Kepala Mirip Buah Pinang

Berikutnya acuan selanjutnya adalah bentuk kepala yang mirip buah pinang. Dari pengalaman, kepala yang besar dan menyerupai buah pinang biasanya memiliki karakter tarung yang handal. Selain itu terlihat garang saat melihat lawan sehingga membuat ciut nyali lawan.

Disamping itu bentuk kepala mirip buah pinang, biasanya lebih ngeyel dan tangguh dalam setiap pertarungan. Sehingga ayam tersebut bisa dikatakan jago saat bertarung karena tidak mudah menyerah.

7.Perhatikan Warna Mata Ayam Bangkok Juara

Tetap fokus di bagian kepala, perhatikan warna matanya. Pilihlah yang berwarna mata tembus, maksudnya adalah warna matanya sama atau hampir sama dengan warna dasar paruhnya. Biasanya warna terbaik adalah kekuning kiuningan atau coklat muda.

Banyak para penggemar sabung ayam memperhatikan warna mata ayam incarannya. Tentunya mereka sudah tahu bahwa warna mata juga mempengaruhi karakter tarung ayam bangkok.

8. Warna Bulu Ayam Bangkok Juara

ayam bangkok wangkas

Ada bermacam variasi warna bulu ayam bangkok, ada sekitar 7 warna yang menjadi favorit para pecinta ayam aduan. Warna Klawu artinya sebagian besar warna bulunya di dominan oleh warna abu-abu. Warna Jali maksudnya terdapat banyak warna lurik-lurik dengan motif garis kecil-kecil. Warna Blorok yaitu bulunya trotol-trotol dengan banyak warna seperti hitam, merah dan putih.

Sering orang menyebut ayam bangkok Warna Waskas, maksudnya warna bulunya dominan kuning kemerahan. Ada juga menyebut Warna Wiring, maksudnya bulunya dominan hitam tetapi bulu ekornya berwarna kuning kemerahan. Ayam bangkok Warna putih, yaitu bulunya dominan dengan warna putih. Yang terakhir Warna Jergem atau bulunya di dominan dengan warna hitam pekat.

9. Kontruksi tulang ayam kokoh serta rapat

Hal yang terakhir perlu diperhatikan adalah tulang ayam di bagian punggung ayam. Tulang yang kokoh dan rapat dapat menjadi pilihan sobat. Untuk mengetahui tulang rapat dan kokoh, sobat harus meraba tulang punggung ayam tersebut.

Ayam bangkok jawara dipastikan mempunyai tulang yang kokoh dan rapat. Fungsi tulang kokoh dan rapat adalah untuk daya pukul saat bertarung. Dengan tulang yang kokoh dan rapat dapat memukul keras lawan bahkan bisa membuat lawan mati di arena.

Penutup

Sekarang sobat sudah mengetahui cara menentukan ayam bangkok jawara. Dengan praktek secara langsung maka sobat akan lebih paham dan pada akhirnya sobat akan lebih profesional. Para penggemar ayam bangkok kebanyakan menjadikan ayam tersebut untuk aduan.

Demikian pemaparan omhoby, semoga bermanfaat.

Artikel terkait : vitamin ayam bangkok terbaik  , jamu ayam aduan herbal

2 thoughts on “9 Ciri Ayam Bangkok Jawara Super Istimewa”

Leave a Comment