Cara Menggemukan Ayam Pelung

Cara menggemukan ayam pelung bukanlah hal yang sulit bagi yang sudah paham. Lain halnya bagi pemula, tentu akan sulit memahaminya. Namun jangan khawatir, omhoby akan menjabarkannya bagi pecinta ayam pelung.

Tips agar ayam pelung berkokok panjang salah satunya dengan gurah. Berkokok dengan panjang merupakan ciri utama ayam pelung. Cara berkokok yang panjang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pecinta ayam.

Saat ayam pelung umur 4 bulan biasanya mengalami susah makan, sehingga pertumbuhannya terganggu. Untuk mengatasi susah makan diperlukan pengetahuan tentang cara menggemukan ayam pelung.

Baca juga cara menggemukan ayam bangkok

Cara Menggemukan Ayam Pelung Dengan Pakan Berkualiatas

cara menggemukan ayam pelung
pexel.com

Salah satu cara menggemukan ayam pelung adalah dengan memberikan pakan yang bernutrisi. Pakan tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah dipasaran. Selain itu kita dapat meraciknya sendiri sehingga lebih hemat biaya pakan.

Berikut beberapa pakan ayam agar ayam pelung cepat gemuk besar. Mari simak terus agar dapat memberikan pakan berkualitas agar dapat membuat suaranya bagus dan panjang.

1. Beras Merah

Pakan yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinngi. Hal ini sangat baik untuk pertumbuhan ayam pelung. Meskipun tinggi protein namun memiliki kadar lemak yang rendah sehingga mugah dicerna oleh ayam.

Perlu diingat, sebelum diberikan ayam harus ditapis dulu agar bersih. Ini sangat disarankan agar tidak mengganggu pita suara ayam. Kita tahu bahwa keunikan ayam pelung terletak pada suara berkokoknya.

2. Gabah

Adalah bulir padi yang sudah kering kulitnya dan bila dibuka kulitnya akan terdapat beras. Gabah tersebut memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk ayam pelung.

Fungsi pemberian gabah pada ayam adalah agar bulu ayam kuat tidak mudah rontok. Sehingga akan membuat tampilan ayam pelung menjadi indah. Namun perlu diingat bila ayam anda kurus, hindari pemberian gabah karena dapat membuat tambah kurus ayam.

Ayam pelung yang memiliki suara yang bagus, ditambah dengan tampilan bulu yang indah. Akan membuat nilai tambah saat di ajang kontes ayam.

3. Kacang Hijau

Pakan selanjutnya adalah kacang hijau bisa anda berikan pada ayam pelung. Memiliki kandungan zat fosfor serta kalsium yang tinggi menjadikan ayam sehat. Secara umum fungsinya dapat mempercepat pertumbuhan ayam pelung.

Zat fosfor didalamnya sangat baik untuk tulang, sehingga ayam menjadi kuat. Namun harga kacang hijau lumayan tinggi, jadi pemberiannya 2 kali dalam seminggu agar tidak boros.

4. Jagung

Sebagai sumber karbohidrat, jagung dapat anda berikan pada ayam setiap hari. Pemberian jagung setiap hari dapat membuat ayam pelung lebih berenergi.

Pemberian jagung juga berguna untuk pertulangan ayam menjadi kuat dan ayam lebih aktif. Memiliki ayam pelung yang aktif, akan membuat rajin berkokok yang panjang.

5. Kosentrat atau voer

Kosentrat merupakan makanan pokok bagi ayam, ibarat beras bagi manusia. Jadi pemberian kosentrat wajib diberikan setiap hari.

Kandungan dalam kosentrat sudah lengkap dan terukur untuk ayam. Bahkan ada kode-kode tertentu untuk semua umur ayam. Namun mengingat keunikan ayam pelung terletak pada suaranya maka pemberiannya jangan terlalu banyak.

Cara pemberian pakan untuk menggemukan ayam pelung

cara menggemukan ayam pelung
pexel.com

 

Sesudah mengetahui berbagai jenis pakan ayam, maka perlu anda mengetahui cara pemberiannya. Bukanlah hal sulit untuk mempelajari cara menggemukan ayam pelung bila anda konsisten.

Hal yang pertama adalah mencampur jagung, kacang hijau, beras merah menjadi satu. Perbandingannya 3:1:1, kemudian diaduk sampai tercampur dengan baik. Ini merupakan pakan selingan jadi cara pemberiannya dapat diatur jadwalnya. Misalnya 3 kali dalam seminggu, dilakukan pada sore hari agar kandungan gizinya terserap dengan baik.

Untuk pemberian kosentrat atau voer dapat anda berikan setiap hari pagi dan sore. Saat pemberian voer harus diperhatikan postur tubuh ayam supaya tidak terlalu gemuk. Ayam pelung yang baik adalah memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Bila ayam pelung yang terlalu gemuk akan membuat ayam tidak bisa berkokok panjang. Maka dari itu pemberian kosentrat dikurangi porsinya.

Maka pemberian gabah sangat disarankan untuk ayam yang gemuk. Karena kandungan serat dalam gabah dapat membuat ayam menjadi ringan.

Bila ayam pelung mengalami kurus atau susah makan dapat anda berikan jamu ayam herbal. Merk yang disarankan adalah “Mbah Wiryo” karena sudah teruji dan berbahan herbal aman untuk ayam.

Untuk mengetahui cara membuat jamu ayam sendiri dapat anda klik DISINI

Kesimpulan cara menggemukan ayam pelung

Jenis pakan ayam pelung yang bagus beserta fungsinya sudah anda ketahui. Maka dari itu pengaturan jadwal pemberian sangat diperlukan. Kesimpulan yang terakhir adalah selalu perhatikan kondisi ayam pelung anda. Supaya mengetahui jenis, porsi pakan ayam pelung yang sesuai peruntukannya.

Demikian pemaparan omhoby, kiranya dapat membantu para pecinta ayam pelung. Silahkan berkomentar untuk kemajuan dunia ayam di Indonesia. Terima kasih.

2 thoughts on “Cara Menggemukan Ayam Pelung”

Leave a Comment