Cara merawat ayam bangkok aduan muda hanya 4 langkah

Cara merawat ayam bangkok aduan muda | omhoby. Beragam cara merawat ayam jago, khususnya jenis bangkok. Dikalangan penghoby ayam aduan merupakan topik hangat untuk selalu diperbincangkan. Hal inilah yang selalu membuat polemik dalam hal perawatan ayam bk. Akan tetapi panduan ini patut anda coba agar nantinya bisa menjadi petarung hebat, sadis dan selalu juara.

Terdapat beragam jenis di Nusantara. Keaneka ragaman jenis tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya masing – masing, namun karakter ayam yang kuat bertarung selalu jadi incaran. Karena hal itulah jenis ayam bk sering diperuntukan sambung ayam.

Karena kepopulerannya, maka harga ayam bangkok tergolong tingggi. Namun tidak hanya jenis bangkok yang sering diadu, akan tetapi jenis bangkoklah yang selalu diincar para pecinta ayam aduan.  Bahkan banyak pecinta ayam meramu jamu ayam aduan khusus agar kekuatannya maksimal. Langsung aja ke pokok pembahasan.

Trik rawatan terbaik ayam jago juara

cara merawat ayam bangkok
tokopedia.com

Trik dan tips merawat ayam jago jenis bangkok selalu menjadi topik perbincangan di berbagai group komunitas ayam aduan. Jenis bangkok adalah yang paling populer, hal ini dikarenakan performant kekuatannya dalam laga yang sangat kuat dalam bertarung.

Akan tetapi banyaknya kawin persilangan di peternak membuat semua jenis bangkok mempunyai karakter yang menurun. Apalagi kalau dikawin silangkan dengan ayam jenis biasa, atau sering disebut ayam kampung.

Memiliki ayam bangkok asli merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Negara asalnya adalah Thailand, jadi hal inilah yang membuat harganya mahal bila asli. Namun jangan kuatir hasil kawin sesama ayam bangkok sudah banyak di Nusantara, tentunya dengan harga terjangkau. Untuk memiliki ayam berkualitas, sobat harus paham akan ciri – cirinya sejak dini. Mari simak terus, agar mendapatkan ayam bangkok muda dengan harga terjangkau tetapi berkualitas juara.

Ayam bangkok muda kualitas juara

ayam bangkok muda
tokopedia.com

Bila bugjet sobat tidak terlalu besar, anda dapat memilih ayam bk yang masih muda. Pilihlah yang sudah berumur 2 sampai 3 bulan, agar mudah dalam menentukan pilihan. Berikut ciri – cirinya, yang bisa sobat jadikan pedoman dalam pengamatan sobat.

  • Perhatikan lehernya, pilihlah yang panjang.
  • Bentuk kepala seperti burung jalak yang memiliki tatapan tajam.
  • Model paruhnya seperti burung elang, biasanya ada garis tengah di paruh atasnya.
  • Memiliki mata bulat masuk kedalam sehingga terlihat garang.
  • Mempunyai tulang alis yang terlihat menonjol.
  • Bentuk postur tubuhnya tegak dan terlihat ramping.
  • Pilihlah tulang kakinya yang bulat.
  • Sisik pada tulang kakinya gede-gede dan kering.
  • Bentuk jarinya panjang dengan lutut yang menjorok ke belakang.
  • Raba tulang antara badan dan ekornya, pilihlah yang keras.

Panduan diatas bisa sobat jadikan acuan bila ingin membeli ayam bk yang masih muda.

Ayam  Jago  Bangkok  Dewasa  Kualitas  Juaraayam bangkok petarung sadis

Sobat pecinta ayam yang memiliki bugjet besar, tidaklah sulit dalam menentukan pilihannya. Langkah yang paling tepat adalah memilih ayam bk di arena laga. Namun hal ini memerlukan bugjet yang tidak sedikit, bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan.

Namun ada cara yang lain bila bugjet sobat tidak terlalu besar, tetapi ingin memiliki ayam bk dewasa dengan harga terjangkau tetapi kualitas juara. Maka dari itu ada beberapa tips yang patut sobat jadikan acuan. Ciri – cirinya adalah sebagai berikut:

  • Peganglah tulang batok kepalanya, pilihlah yang besar dan keras
  • Memiliki bulu rapi serta mengkilat, hal ini menandakan bahwa ayam tersebut dirawat dengan baik.
  • Bulu ekor dan sayapnya kaku.
  • Bentuk kepala seperti buah pinang.
  • Mempunyai mata sipit menjorok ke dalam sehingga terlihat garang.
  • Mempunyai paruh yang besar panjang dan terlihat kuat.
  • Diparuhnya ada alur dari hidung sampai muka.
  • Perhatikan jarinya, pilihlah yang kecil panjang dan kuat.
  • Saat ayam berdiri terlihat tegap dan gagah.

Bila hal diatas sudah sobat lakukan sebagai acuan. Langkah selanjutnya, mintalah ijin untuk diadu sebentar. Hal ini perlu agar sobat bisa mengamati gaya tarungnya, pukulannya fokus atau tidak.

Cara merawat ayam bangkok agar selalu juara

Dalam merawat ayam bk tidaklah sulit, asalkan sobat telaten dan sabar. Untuk rawatan ayam bk muda ataupun dewasa tidaklah terlalu berbeda. Sobat tinggal perhatikan bobot tubuhnya untuk memberikan porsi pakan yang pas. Namun hal ini memjadi kontroversi, akan tetapi menurut omhoby lebih bagus bobot tubuh dijadikan patokan dalam cara merawat ayam bangkok.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam rawatannya, sebagai berikut:

1. Pakan ayam bangkok

pakan ayam aduan
m.bukalapak.com

Pakan adalah fakor utama yang menentukan ayam memiliki tubuh yang proposional dan sehat. Biasanya para pecinta ayam, dalam merawat ayam jago dilakukan secara terpisah. Hal ini untuk memudahkan dalam pemberian porsi pakan dan mempermudah dalam mengamati kesehatan ayam.

Dalam racikan pakan sebaiknya terdiri dari beras merah, beras hitam, jagung dan konsentrak. Adapun perbandingannya adalah 1:1:2:3, dengan asumsi kilogram. Untuk mengetahui kegunaan pakan tersebut dapat sobat ketahui disini.

Untuk pemberiaan pakan, perhatikan berat badanya agar sesuai porsi dan gizinya. Cara menghitungnya adalah setiap kilogram ayam ditakar 50 gram setiap kali memberi pakan. Misalnya ayam sobat, bobotnya 2 Kg maka berikan 100 gram setiap kali makan. Berikan 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Selanjutnya amati perkembangan setiap minggunya, apakah kegemukan atau tidak. Hal ini dipengaruhi keadaan setiap ayam berbeda dalam hal penyerapan gizi pakan. Pakan yang omhoby sampaikan adalah untuk rawatan hariannya.

Untuk rangsangan agar mematok secara alami, kadang – kadang sobat perlu menyebarkan jagung di sekitar kandangnya. Hal ini perlu dilakukan agar ayam nyaman dalam habitatnya.

Selain pakan, berikan juga suplement vitamin untuk mencukupi kebutuhan mineralnya. Untuk pilihan vitamin tergantung sobat, karena pada umumnya kandungan dalam vitamin atau suplement sudah lengkap.

Untuk pemberian vitamin sebaiknya sore hari sebelum ayam tidur atau istirahat. Hal ini perlu, agar sewaktu ayam istirahat, kandungan dalam vitamin akan mudah terserap oleh tubuhnya.

2. Memandikan salah satu cara merawat ayam bangkok

cara merawat ayam aduan
resepimasakan.net

Seperti halnya manusia, memerlukan tampilan yang menarik dan segar maka harus rajin mandi. Sama halnya ayam, agar memiliki bulu yang menarik serta segar maka diperlukan mandi setiap hari. Tentunya dengan cara memandikan ayam yang benar.

Waktu memandikan ayam yang paling tepat adalah di pagi hari, antara pukul 8 sampai 9 pagi. Gunakanlah air sumur yang bersih, jangan menggunakan air yang mengadung kaporit. Serta pastikan bahwa cuaca saat itu tidak mendung, karena habis mandi ayam memerlukan sinar matahari untuk mengeringkan bulunya.

Perlu dipahami bahwa cara memandikan ayam dengan benar akan sangat berpengaruh pada performannya. Bagi yang sudah berpengalaman, bukanlah hal yang sulit untuk memandikan ayam. Namun bagi pemula, untuk memandikan ayam memerlukan panduan khusus agar tidak salah dalam memandikan ayam bangkok.

Mari simak cara memandikan ayam bangkok yang benar, sebagai berikut :
Pertama pegang ayam sambil dielus lehernya agar tenang dan nyaman
Basahi kepalanya dengan cara peras busa yang sudah dibasahi.
Selanjutnya di bagian lehet sampai tengkuknya siram dengan air perlahan.
Kemudian keringkan bagian leher dengan handuk agar bulu di leher tidak rusak.
Bersihkan dengan air sambil digosok perlahan di bagian kloaka sampai kotoran yang menempel hilang.
Siram sambil dielus di bagian sayap, ketiak dan kaki hingga bersih.
Kemudian keringkan dengan menggosokan perlahan menggunakan handuk kering.
Tahap akhir bersihkan bagian dubur ayam dengan busa yang basah.

Sebagai catatan pada bagian punggung jangan terlalu basah karena bulu punggung mudah kusut. Selain itu gunakan handuk yang bersi, dan selalu diperas agar kandungan air tidak terlalu banyak.

Demikian cara memandikan ayam bangkok yang benar menurut pengalaman omhoby. Langkah selanjutnya dalam merawat ayam bangkok adalah lakukan penjemuran.

3. Setelah memandikan lakukan penjemuran

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah setelah memandikan ayam kemudian menjemurnya dibawah sinar matahari. Caranya adalah siapkan sangkar bulat yang terbuat dari bambu. Berikan alas dalam sangkar tersebut, bisa menggunakan kayu ataupun bambu. Pengalasan ini berguna agar ayam setelah dimandikan tidak terkena tanah yang bisa membuat kotor kembali.

Menurut pengalaman, agar pertumbuhan bulu dan tulangnya sempurna. Lakukan penjemuran sekitar jam.10 sampai jam 11 pagi. Mengapa harus pada jam tersebut? ini dikarenakan kandungan vitamin D terbanyak pada saat jam tersebut.

Vitamin D sangat diperlukan untuk kesehatan ayam, maka sebagai catatan penting dalam memandikan ayam harus pada cuaca cerah. Sebuah pantangan bila kita memandikan ayam dengan cara memasukan ayam dalam ember yang berisi air. Ini adalah cara yang salah, bahkan bisa membuat ayam jadi loyo.

Karena pada dasarnya ayam tidak suka mandi di genangan air. Selain itu kotoran pada ayam akan menempel kembali, sehingga bisa merusak tampilannya.

4. Lakukan Latihan rutin dalam merawat ayam bangkok

ayam bangkok juara
Saat umur ayam sudah menginjak 7 – 8 bulan, bisa dilatih dengan diadu durasi 5 menit. Bila usia ayam masih dibawah 7 bulan, sebaiknya difokuskan dalam pemeliharaan untuk pertumbuhannya.

Melakukan latihan diadu sebaiknya sekali satu minggu, tentunya dengan lawan yang seumur. Melatih fisik dengan bertarung mempunyai efek yang baik terhadap ayam bk. Selain menjadikan ayam terbiasa bekerja keras, akan membuat ayam kuat dan tidak mudah ngos nafasnya.

Latihan bertanding durasi pendek juga berguna untuk perkembangan otot menjadi lentur serta melatih pukulan ayam. Kebiasaan ditanding juga bisa membuat ayam padai menghindari serangan lawan.

Sebagai catatan penting, lakukan pertarungan durasi pendek dengan seumurnya. Jangan sekali kali melatih bertarung dengan yang lebih tua, hal ini bisa membuat traumatis ayam dalam berlaga.

Penutup

Demikian pemaparan omhoby dalam topik cara merawat ayam bangkok sejak masih muda. Sebagai catatan telatenlah dan penuh kesabaran dalam merawat ayam jago agar sobat mudah memahami karakter dan kesenangan jagoan kita. Semoga bermanfaat salam hoby!

Leave a Comment