Jamu Tradisional Ayam Bangkok Biar Galak

Jamu tradisional ayam bangkok biar galak serta tahan pukul memiliki trik khusus dalamĀ  cara meracik jamu ayam aduan. Jamu sangat membantu dalam membentuk ayam aduan biar kuat dan ganas. Dengan berbahan herbal akan membuat ayam aduanĀ  lebih bertenaga sehingga jamu ayam dapat digunakam untuk rawatan harian ayam aduan. Di Nusantara bahan herbal tersedia di pasaran, dan sudah menjadi warisan leluhur.

Jaman dahulu, jamu sudah menjadi konsumsi harian masyarakat Indonesia. Sehingga jamu ayam aduan warisan leluhur harus dilestarikan untuk kemajuan dunia ayam. Dengan berkembangnya jaman, pemanfaatan jamu juga diaplikasikan pada hewan, khususnya ayam aduan. Pemberian jamu tradisional ayam bangkok biar tahan pukul saat diadu dipercaya mampu menjaga kesehatan serta membuat tangguh di arena laga.

Banyak beredar merk jamu ayam aduan di pasaran yang dapat anda gunakan. Salah satu jamu ayam aduan terbaik menurut omhoby aman dikonsumsi setiap hari adalah merk “Mbah Wiryo”.
Untuk memperoleh jamu ayam “Mbah Wiryo” asli dapat anda klik jamu ayam aduan biar ganas.

Bahan – bahan jamu ayam aduan penambah tenaga

Sebelum membahas cara membuat jamu ayam bangkok biar galak tahan pukul , ganas serta kuat, sobat harus paham bahan – bahannya. Hal ini sangat penting agar sobat mampu mengerti fungsinya, sehingga dapat menakar kebutuhan ayam sobat. Bahan – bahan yang sering digunakan jamu ayam aduan adalah sebagai berikut:

1. Kunyit bahan jamu tradisional ayam bangkok tahan pukul

jamu ayam aduan penambah stamina
pixabay.com

Kunyit sering digunakan para kaum hawa dalam hal memasak di dapur. Disamping sebagai bahan dapur, kunyit sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Kandungan curcumin dalam rimpang kunyit mempunyai khasiat yang baik bagi ayam. Selain itu kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksodan, antiinflasi dan antimikroba.

Antioksidan berguna untuk menjaga ayam tetap fit, sehat dan tahan penyakit. Antiinflasi akan mencegah nyeri bila ayam sedang sakit. Selain itu anti mikroba berguna untuk menangkis kuman yang dapat menyebabkan sakit pada ayam.

Untuk itu kunyit merupakan bahan utama dalam jamu tradisional ayam bangkok biar galak serta ganas dalam laga. Selain itu bahannya juga berlimpah , murah dan mudah didapatkan di pasar tradisional.

2. Jahe

jamu ayam aduan warisan leluhur
pixabay.com

Jahe dengan nama latin Zingiber Officinale Rosc memiliki sering digunakan sebagai rempah. Di Indonesia bukanlah hal susah untuk memperoleh jahe, sehingga sering dimanfaatkan sebagai minuman tradisional.

Saat udara dingin ,jahe dapat digunakan untuk campuran jamu ayam aduan. Bila ayam sedang sakit karena ada luka, sehingga membuat infeksi. Pemanfaatan jahe sangat dianjurkan, karena kandungan gingerol, shogaol dan paradol mampu melawan infeksi.

3. Temulawak

jamu harian ayam aduan
pixabay.com

Memiliki bentuk seperti kunyit, banyak orang sulit membedakan antara kunyit dan temulawak. Namun setelah diiris rimpangnya, akan terlihat lebih kuning cerah sehingga mudah dibedakan.

Nama ilmiah temulawak adalah curcuma xanthorrhiza, dan di pulau jawa juga sering disebut java ginger. Memiliki sejuta manfaat membuat temulawak populer di dunia jamu nusantara.

Fungsi utamanya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan pada ayam. Sehingga bahan ini wajib ada di jamu ayam aduan. Para penggunanya meyakini pemanfaatan temulawak membuat pencernaan ayam berfungsi dengan baik.

Temulawak merupakan bahan dalam membuat jamu ayam aduan warisan leluhur karena ketenarannya dimasa lalu. Manfaat temulawak sangat banyak bagi manusia dan dapat diaplikasikan juga pada binatang.

4. Madu bahan jamu tradisional ayam bangkok biar galak

jamu harian ayam aduan
pixabay.com

Herbal madu tidaklah asing di telinga masyarakat Indonesia. Manfaatnya sudah terkenal sehingga sering diknsumsi manusia. Namun manfaatnya juga bisa diberikan pada ayam, salah satu caranya dengan mencampur madu pada racikan jamu ayam aduan.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang baik dalam madu, akan menaikan imun pada ayam, sehingga akan membuat ayam sobat terhindar dari penyakit ayam.

6. Daun kelor

jamu ayam aduan kuat nafas
pixabay.com

Pemanfaatan daun kelor atau moringa oleifera pada bahan racikan jamu ayam aduan biar kuat bukanlah hal yang biasa. Namun kandungan dalam daun kelor sangat bermanfaat pada ayam bangkok.

Vitamin C, B, A dan kalsium pada daun kelor sangat baik untuk pertumbuhan ayam. Selain itu pemanfatan daun kelor dapat mengurangi stres pada ayam karena terdapat kandungan oksidatif.

Banyak pecinta ayam tidak mencampur daun kelor pada racikan jamu. Namun setelah mengetahui manfaatnya, pengaplikasian daun kelor semakin populer.

7. Telor Ayam Kampung

jamu penambah tenaga ayam bangkok
pixabay.com

Kandungan telur ayam kampung tidak diragukan lagi dalam mendongkrak stamina ayam. Maka dari itu bahan ini wajib ada dalam meramu jamu ayam aduan biar kuat. Kepopuleran telur bebek menjadi hal wajib dalam campuran racikan jamu.

Ada yang memanfaatkan kuningnya saja, tapi ada juga yang tidak. Menurut omhoby, lebih baik digunakan putih dan kuning telurnya. Karena bau putih telurnya akan membuat ayam mudah mengkonsumsinya.

Cara membuat jamu tradisional ayam bangkok biar galak

Manfaat jamu untuk ayam bangkok sangatlah banyak dan beragam. Selain berguna untuk menjaga ayam tetap fit, juga dapat untuk mendongkrak stamina. Ayam yang sehat dan berstamina dipastikan memiliki performant yang mumpuni di laga pertarungan.

Maka perawatan ayam aduan memerlukan perlakuan khusus dibanding dengan ayam jenis lainnya. Selain pemberian makanan pokok, pemberian jamu akanlah sangat diperlukan.

Setelah mengetahui bahan dan fungsinya untuk membuat jamu ayam, maka sobat sudah bisa pratek. Mari simak terus agar dapat meramu dengan resep jamu ayam yang bermutu.

Dibawah ini bahan pembuatan jamu ayam aduan warisan leluhur berbahan herbal.

Bahan yang diperlukan adalah
1. Kunyit 200gr
2. Temulawak 200gr
3. Jahe 100gr
4. Madu 50Ml
5. Daun kelor satu mangkok bakso
6. Telur bebek 2 butir
7. Kosentrat boster 500 gr

Trik meracik jamu ayam yang benar

Apabila bahan – bahan di atas sudah tersedia, maka segera ikuti panduan dibawah ini:
Bahan seperti kunyit, jahe, temulawak, daun kelor dicuci bersih. Kemudian tumbuh hingga halus, dan campurkan bahan tersebut sampai tercampur sempurna.

Kemudian tumbuk halus kosentrat booster atau kosentrat starter. Apabila kosentrat sudah halus, campurkan dengan adonan kunyit, jahe, temulawak, daun kelor secara merata.

Tambahkan madu dan telur bebek kedalam adonan tersebut diatas. Campurlah sampai merata sempurna, sehingga manfaatnya akan terserap sempurna oleh ayam bangkok.

Apabila adonan sudah kalis, maka bentuklah adonan tersebut bulat lonjong sekitar 1,5 cm. Bentuk adonan yang demikian akan mempermudah ayam menelan jamu.

Setelah itu jemurlah adonan yang sudah terbentuk dibawah terik matahari. Hal ini berguna agar kadar air dalam adonan tidak ada, sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Langkah selanjutnya adonan yang sudah kering sempurna disimpan di wadah yang kedap udara. Lebih bagus lagi kalau dalam wadah tersebut dimasukan silica gel untuk agar tidak lembab.

Untuk dosis peberian jamu ayam tergantung pemanfaatannya. Apabila untuk harian lebih bagus diberikan pagi dan sore hari masing – masing satu butir. Namun apabila ayam ingin diadu, maka tiga hari sebelum pertandingan, diberikan 2 butir pagi dan sore.

Penutup

Hal yang perlu dipahami bahwa penggunaan bahan herbal pada jamu tidaklah langsung terasa. Namun dengan pemberian yang konsisten akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Satu hal lagi yang perlu diyakini jamu tradisional ayam bangkok biar galak bikin tahan pukul akan mempunyai faedah yang baik untuk ayam. Bila merasa kesulitan dalam meraciknya sobat bisa membeli di kios pakan ayam.

baca juga : cara membuat jamu ayam aduan kuat nafas

1 thought on “Jamu Tradisional Ayam Bangkok Biar Galak”

Leave a Comment