Pola Ekor Murai Batu Medan Asli Panjang

Pola ekor murai batu. Jenis burung murai mempunyai warna bulu yang menarik dan mampu berkicau dengan keras. Karakter kuat serta berjiwa fighter juga menjadi daya tarik tersendiri.

Terdapat banyak jenis murai batu, biasanya para kicaumen mengelompokan tergantung asal habitatnya. Di pulau Sumatera saja ada banyak macam jenisnya. Mulai dari Lampung, Bahorok, Nias, Aceh, Medan dan masih banyak lagi.

Dari semua jenis diatas dapat dibedakan berdasarkan body dan pola ekor burung murai tersebut. Namun pada kali ini, omhoby akan membahas pola ekor dari daerah Medan asli.

MB dari Medan adalah jenis yang paling digemari para kicaumen dalam negeri. Karakter fighter dan berkicau lantang menjadi daya tariknya. Selain itu banyak diperlombakan di event besar, sehingga jenis Medan, harganya semakin melejit.

Saking harga tergolong mahal, maka banyak penjual nakal memanfaatkan ketenaran MB Medan. Maka dari itu marilah sobat kenali pola ekor murai batu medan asli. Langsung simak lur..

Ciri khusus pola ekor murai batu Medan

Membedakan MB dari bodynya saja akan mengalami kesulitan. Oleh karena hal yang harus dipahami adalah dari pola ekornya. Setiap jenis MB Sumatera akan sangat mudah dibedakan dari pola ekornya.

Bagi yang sudah pengalaman akan sangat mudah mengenali MB asal Medan. Namun kicaumen yang masih pemula akan sulit untuk membedakannya. Maka sobat kicaumen wajib paham pola ekor murai agar mampu membedakan jenisnya. Ciri fisik ekornya adalah sebagai berikut :

Ukuran ekornya panjang

Kebanyakan ekor MB asli Medan mempunyai panjang sekitar 25 hingga 34 cm. Ukuran tersebut diambil dari pangkal ekor hingga ujung ekor yang paling panjang. Dengan ekor yang panjang akan sangat indah diamati ketika sedang berkicau sambil memainkan ekornya.

Namun sobat tidak bisa hanya melihat panjangnya saja karena MB asal Aceh mempunyai ekor yang panjang pula. Jadi ukuran panjang ekor tidak bisa dijadikan patokan utama.

Bentuk ekor panjang melengkung

Mempunyai panjang ekor yang maksimal dapat terlihat melengkung. Ini disebabkan saking panjangnya ekor tersebut. Namun bentuk ekor yang melengkung juga bisa disebabkan karakter saat berkicau. Kebanyakan mereka berkicau sambil memainkan ekornya, sehingga lama kelamaan akan melengkung alami.

Bahkan untuk yang sudah tua, bisa menyentuh kepalanya ketika sedang berkicau. Biasanya semakin panjang ekornya akan semakin mahal pula. Karena biasanya para peternak mengincar untuk dijadikan indukan.

Bentuk ekornya mirip abjad V/U

Corak ekor menyerupai huruf U atau V yang terpotong juga menjadi ciri fisik pola ekornya. Model ekor yang demikian juga tidak dimiliki jenis lainnya. Namun diperlukan pengamatan yang serius karena hampir mirip dengan jenis dari Bahorok.

Jadi sobat masih harus hati – hati menentukan pilihan agar tidak salah pilih. Yang wajib sobat kicaumen pahami adalah pola kombinasi warna putih hitamnya.

Ciri khas pola ekor murai batu medan asli

Ini adalah ciri yang paling bisa sobat pegang, karena pola khasnya tidak dipunyai jenis MB lainnya. Jadi wajib hukumnya sobat amati dari bawah agar mudah dalam pengamatannya. Apabila dijinkan untuk memegangnya akan lebih mudah. Namun biasanya penjual tidak mengijinkannya untuk menghindari stress burung.

Memiliki 4 pasang ekor yang berwarna putih strip hitam adalah ciri utamanya. Hal inilah yang sobat jadikan acuan utama, karena jenis lainnya tidak demikian

Keempat ciri tersebut bisa sobat tanamkan dalam benak anda. Bila sobat kicaument sudah paham pola ekornya, namun ingin mengetahui lebih dalam tentang MB Medan silahkan lanjut baca.

baca juga : cara membedakan murai trotol jantan betina

Bentuk Tubuh dan Karakter Murai Batu Medan Asli

Agar sobat tidak salah menentukan jenisnya, sebaiknya sobat pahami bentuk tubuh dan karakter kicaunya. Terlebih ketika usianya masih muda, sobat kicaumen harus paham MB asal Medan asli.

Dengan banyaknya peternak yang sudah menyilangkan, maka tercipta blasteran Medan dengan jenis lainnya. Ini biasanya dilakukan para peternak untuk mendapatkan varian baru. Selain itu guna menciptakan karakter yang figter biasanya peternak melakukan kawin silang.

Namun untuk memahami yang masih asli, sobat kicaumen dapat mengetahui dari ciri fisiknya. Ciri fisik murai batu medan asli adalah sebagai berikut:

Model kepala MB Medan

Pertama perhatikan model kepalanya, memiliki bentuk yang besar serta tampak ceper. Lehernya terlihat lebih panjang dibanding jenis lainnya. Dengan model yang demikian maka terlihat pas dengan model kepalanya atau proposional.

Bagian mata

Kemudian perhatikan matanya dengan seksama, karena model mata sangat berpengaruh terhadap mentalnya. Kelopak mata yang menjorok ke dalam akan tampak seperti mata yang melotot. Selain itu sorotan matanya tajam sehingga seperti murai yang selalu marah.

Model tubuh proposional

Untuk jenis Medan asli sebelum disilangkan tergolong besar bila dibandig MB jenis lainnya. Dengan postur tubuh dengan ekor yang panjang maka akan terihat sangat gagah dan seimbang.

Banyak anggapan bahwa MB jenis Medan adalah paling kecil postur tubuhnya, hal ini diakibatkan karena persilangan dari para peternak. Jadi bila menginginkan yang benar – benar asli, sobat bisa datang langsung ke Medan atau di peternak yang terpercaya.

Bulunya mencolok

Dengan bulu yang dominan hitam mengkilap, dan bila terpapar sinar mentari akan tampak kebiruan. Warna yang demikian terdapat pada bagian kepala hingga punggungnya. Untuk bulu bagian dada biasanya coklat tua mendominasi, namun di bagian kecil ada yang cokelat muda. Warna bulunya hampir sama semua jenis MB, sehingga sangat susah untuk membedakannya.

Model kaki

Semua jenis MB hampir sama bahkan bisa dikatakan tidak ada bedanya. Namun sebagai referensi saja, pilihlan yang nangkring erat di tangkringannya. Bahkan ada sebagian orang memilih yang berwarna agak kehitaman. Warna yang demikian dipercaya memiliki mental juara.

Kicauannya merdu

Semua jenis MB memiliki kicauan yang merdu, bahkan bisa dikatakan sangat susah dibedakan bila sama berasal dari pulau Sumatera. Namun sebaiknya pilihlah yang memiliki volume keras serta ngotot kalau mendengar kicau MB yang lain.

Tergolong jenis burung yang pandai menirukan suara burung lain. Maka sebaiknya selalu dimaster suara burung yang tajam – tajam. Gunanya agar ketika digantang dapat mengeluarkan isian yang dilirik para juri.

Kesimpulan

Itulah yang bisa dibagikan omhoby tentang pola ekor murai batu medan asli. Masih banyak yang harus dipelajari tentang burung jenis ini. Untuk mengetahui tentang seluk beluk tentang MB bisa sobat kicaumen klik di omhoby.com

Leave a Comment